Tesis

Korelasi Antara Gleason Score dan Prostate Specific Antigen yang Rendah dengan Insiden Metastasis Tulang pada Pasien Kanker Prostat: Kapan untuk Tidak Melakukan Bone Scan? = Correlation Between Low Gleason Score and Low Prostate Spesific Antigen With Incidence of Bone Metastases in Prostate Cancer Patient: When to Omit Bone Scan?

Tujuan: Mengidentifikasi korelasi dan insiden metastasis tulang pada pasien kanker prostat dengan Gleason Score (GS) dan Prostate Specific Antigen (PSA) yang rendah. Material dan Metode: Studi deskriptif retrospektif pada pasien kanker prostat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo periode 2006-2011. Ada 478 pasien dengan kanker prostat. Pasien kanker prostat dengan PSA rendah, telah menjalani pemeriksaan histopatologi, dan bone scan diikutsertakan dalam studi, sehingga didapatkan 358 pasien sebagai subjek penelitian. Nilai PSA diukur dengan sandwich electrochemiluminescent immunoassay. Pemeriksaan histopatologi diklasifikasikan menurut sistem grading Gleason dan dibagi menjadi 3 kategori: diferensiasi baik (GS ≤6), diferensiasi sedang (GS 7), dan diferensiasi buruk (GS 8-10). Bone scan dikerjakan dengan dengan agen radiofarmaka (Tc99m methylenendiphosphonate) dan kemudian gambar ditangkap dengan kamera gamma. Hasil: Rerata usia 67.52±7.8 tahun, rerata GS 7.7±1.3, dan median PSA adalah 56.9 (rentang: 0,48-17000 ng/mL). Ada 11 orang pasien (3,0%) dengan bone scan positif dengan PSA

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

I Putu Gde Sanjaya - Nama Orang
Chaidir Arif Mochtar - Nama Orang
Rainy Umbas - Nama Orang

No. Panggil
T 15 121 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Urologi.,
Deskripsi Fisik
ix, 14 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15121FKT15121FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Korelasi Antara Gleason Score dan Prostate Specific Antigen yang Rendah dengan Insiden Metastasis Tulang pada Pasien Kanker Prostat: Kapan untuk Tidak Melakukan Bone Scan? = Correlation Between Low Gleason Score and Low Prostate Spesific Antigen With Incidence of Bone Metastases in Prostate Cancer Patient: When to Omit Bone Scan?

Related Collection